Welcome

Kamis, 21 Juni 2012

Buah Pepino


Buah pepino atau dalam bahasa latinnya Solanum Maricatum merupakan buah yang berasal dari Belanda, ditanam di Indonesia pada jaman penjajahan. Buah pepino adalah famili terong-terongan yang biasa ditanam di dataran tinggi. Manfaat buah pepino untuk kesehatan sangat banyak, diantaranya dapat menyembuhkan penyakit stroke, darah tinggi, gangguan pencernaan,maag,sembelit dan diabetes melitus.
Dalam buah pepino mengandung banyak vitamin C, selain itu juga mengandung mineral, gula sederhana dan pottasium. Selain khasiat buah pepino untuk kesehatan, buah ini juga rasanya sangat segar (tidak asam atau terlalu manis). Bentuk buah pepino mirip seperti mentimun, dengan tekstur kulit seperti terong, namun isi atau daging buahnya lembut dan mengandung kadar air yang tinggi.
Berdasarkan hasil analisa laboratorium uji teknologi pangan dan hasil pertanian UGM, buah ini memiiiki kandungan asam, beta karoten, vitamin C, Protein dan serat pati yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dari hasil penelitian ini pepino terbukti rendah lemak karena 95% kandungannya adalah air. Setiap 100 gram buah pepino mengandung vitamin C 25,1 mg, Protein, 0,6 gram, beta karoten 26,6 mg dan asam 79,3 mg.
Buah pepino banyak dibudidayakan didaerah yang dingin yang biasanya adalah dataran tinggi, misaknya di dataran tinggi Dienk Jawa Tengah dan Pujon Jawa Timur. Sebenarnya buah pepino memiliki banyak variasi bentuk dan jenis. Ada ayang berbentuk seperti mentimun kecil, ada yang bentuknya seperti tetesan air, dan ada juga yang bentuknya bulat seperti buah apel.

Di Amerika, pepino terpilih sebagai salah satu super fruit bersama buah-buahan eksotis lainnya karena kekuatan antioksidan dan manfaatnya bagi kesehatan. Di Cina, tanaman ini beberapa kali diteliti dan terbukti tidak memiliki efek racun bagi tubuh. Bahkan, kini tengah dikembangkan secara serius sebagai bahan baku obat sariawan dan pereda gangguan sembelit.
Di Indonesia sendiri masih kalangan tertentu saja yang mengenal atau mengkonsumsi buah pepino ini. Karena memang biasanya hanya tersedia di daerah-daerah pariwisata dan supermarket saja. Harga per kilogramnya berkisar antara Rp 8.000 sampai Rp 10.000. Untuk penyimpanannya hanya tahan selama 4 hari (pada suhu ruang dan dalam kondisi dudah masak).
Jika anda penasaran dengan buah pepino dan ingin merasakan manfaat buah pepino ini, silahkan belanja di supermareket terdekat atau pasar pariwisata di daerah Kota Batu Jawa Timur, atau bisa juga di Daerah Pegunungan Dienk Jawa Tengah.

Buah ini persilangan antara buah Mentimun dan buah Terong, dengan cara penyerbukan....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar